RSS

Tarian Tradisional Daerah Jawa


Macam - Macam Tarian Daerah Jawa

 Tarian daerah atau bisa juga disebut sebagai tarian adat jenisnya bermacam-macam, tergantung dari maksud dan tujuan ditampilkannya tarian daerah tersebut. Satu daerah bahkan mempunyai bermacam-macam tarian adat, misalnya tarian untuk menyambut tamu agung, tarian untuk menyambut panen, tarian upacara kematian, tarian upacara keagamaan, tarian yang bertujuan menjaga keamanan dan tarian dengan mengusung tema perang-perangan.
 Pada umunya tarian daerah mempunyai tema tertentu, seperti misalnya tarian adat di Papua biasanya bertema perang, sedangkan tarian adat di Jawa banyak yang berteme pernikahan atau menyambut hasil panen. Berikut ini adalah macam-macam tarian daerah Jawa:

JAWA TIMUR
Tari Dongkrek
Tari Gandrung Banyuwangi
Tari Glepang
Tari Jaran Kepang
Tari Jejer
Tari Reog
Tari Merak
Tari Kethek Oglek
Tari Oklik
Tari Ngremo
Tari Remong
Tari Sandur
Tari Gambyong
Tari Srimpi
Tari Bondan
Tari Kelana

JAWA TENGAH
Tari Bondan
Tari Gambir Anom
Tari Gambyong
Tari Gatotkaca Gandrung

JAWA BARAT
Tari Banjet
Tari Debus
Tari Jaipong
Tari Ketuk Tilu
Tari Kuda Lumping
Tari Patilaras
Tari Sisingaan
Tari Topeng Kuncaran

YOGYAKARTA
Tari Bondan
Tari Gambir Anom
Tari Kelono Topeng Serimpi
Tari Serial Ramayana




Tari Tarian Tradisional Jawa Tengah

 Tari tradisional di Jawa Tengah antara lain Tari Merak Jawa Tengah, Tari Gambyong, dan Tari Sintren. Tari Merak merupakan tari paling populer di Pulau Jawa. Selain di Jawa Tengah, Tari Merak juga dapat ditemui di Jawa Barat dan Jawa Timur.
 Tari Merak merupakan tarian yang melambangkan gerakan-gerakan burung Merak. Tarian ini merupakan tarian tunggal atau bisa juga dilakukan oleh beberapa orang penari. Pada umumnya, penari memakai selendang yang terikat di pinggang, yang jika dibentangkan akan menyerupai sayap burung. Penari juga memakai mahkota berbentuk kepala burung merak.
 Selain itu juga ada Tari Sintren. Tari Sintren adalah kesenian tradisional masyarakat Pekalongan dan sekitarnya. Tari Sintren ini adalah tarian yang bersifat magis. Tari ini diperankan seorang gadis yang dibantu pawang dan diiringi gending 6 orang.
 Tari Gambyong merupakan tarian pergaulan di masyarakat. Ciri khas Tari Gambyong adalah sebelum dimulai selalu dibuka dengan gendhing pangkur. Menurut asal cerita, Tari Gambyong tercipta berdasarkan nama seorang penari jalanan (tledhek) yang bernama si Gambyong yang hidup pada zaman Sinuhun Paku Buwono IV di Surakarta (1788 – 1820).



Kesenian & Tari Tarian Tradisional Jawa Barat

 Kesenian daerah Jawa Barat beraneka ragam. Seni pertunjukannya pun meliputi seni karawitan, seni tari, atau teater tradisional. Selain itu juga terdapat banyak seni ukir seperti, wayang golek dan topeng. Seni kerajinan tangan pun tak kalah menariknya, misalnya batik, anyaman, payung, dan tenun.
 Wayang golek adalah seni pertunjukan yang mempergunakan golek atau sejenis boneka dengan menampilkan cerita Ramayana dan Mahabarata yang dilakukan seorang dalang.
 Degung adalah seni karawitan atau gamelan Sunda klasik dengan instrumen sederhana serta iringan lagu yang halus. Instrumennya terdiri dari bonang sebagai melodi, suling atau rincik, kendang, jeglong, dan lain-lain.
 Tarian tradisional yang terdapat di Jawa Barat pun bermacam-macam. Ada Tari Jaipong. Ada Tari Bajidor Kahot. Ada pula Tari Topeng. Tari Topeng berasal dari Cirebon. Pada saat menari, penarinya menggunakan topeng. Terkadang, Tari Topeng dimainkan oleh seorang penari, atau bisa juga beberapa orang. Gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik kendang dan rebab merupakan ciri khas dari Tari Topeng. Tari Topeng adalah tarian yang mengisahkan seorang raja yang cintanya tidak mendapat sambutan.
 Tari Merak adalah tarian yang menggambarkan kehidupan buruk merak yang suka memamerkan keindahan bulunya. Sementara Tari Jaipong adalah tari kreasi baru yang merupakan perpaduan beberapa kesenian di Jawa Barat, seperti ketuk tilu, banjet, longser, bajidor, dan pencak silat. Selain itu, ada pula Sisingaan, yaitu tarian arakan gotong singa yang sangat populer di daerah Kuningan.


Contoh Gambar Tarian dari Daerah Jawa
Jawa Timur


Tari Gandrung                                                                Tari Reog




Jawa Barat

Tari Jaipong










Jawa Tengah

Tari Gambyong









Yogyakarta

Tari Serimpi


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar